Senin, 20 Oktober 2008

Saat Les Blues dilanda Krisis

Bukan hanya krisis ekonomi global yang melanda dunia dan meresahkan masyarakat seluruh dunia. Les blues -julukan timnas Prancis- kini juga sedang dilanda masalah kepelatihan dan prestasi. Hal ini tentu saja meresahkan para pendukung timnas sepakbola Prancis atau Zidane lovers seperti aku.
Les blues mengalami pasang-surut dalam sepakbolanya. Setelah pensiunnya Zidane usai Piala Dunia 2006 lalu, persepakbolaan Prancis mengalami surut. Setelah di Euro 2008 lalu, Prancis tidak lolos dari penyisihan grup (hiks... hiks... sedihnya) kini Les blues terancam tidak lolos dari kualifikasi Piala Dunia 2010!

Sampai blog ini ditulis, Prancis masih bertengger di urutan ketiga klasemen sementara grup tujuh. Dengan catatan satu kal menang, satu kali seri, dan satu kali kalah dengan lima kali membobol gawang lawan dan enam kali kebobolan. Ini tentu saja bukan merupakan hasil yang baik bagi bagi Prancis yang merupakan juara Piala duni 1998 dean Euro 2000 serta finalis Piala dunia 2006 ini. Domenech pun dihujat!
Saat tim-tim besar lain macam Jerman, Spanyol, Inggris ataupun Belanda sedang bereuforia dan menduduki peringkat satu grupnya masing-masing, Prancis sedang krisis. Apalagi Spanyol, Inggris dan Belanda mendapat nilai sempurnadi laga-laga sebelumnya. Hal ini kontan membuat publik Prancis terhenyak, Ayam jantan tak lagi bisa berkokok nyaring. Domenech, sebagai pelatih timnas pun menjadi sasaran kesalahan.
Memang gaya Domenech yang terlalu menyukai para veteran ini tak terlalu banyak yang mendukung. Hasilnya, ketika banyak veteran mulai pensiun, Ayam jantan mengalami kemerosotan. Namun dewi fortuna masih menaungi Domenech. Dari hasil keputusan FFF rapat dewan pengurus 15 Oktober lalu, manyatakan 19 dari 20 anggota dewan masih setuju Domenech melanjutkan tugasnya hingga berakhirnya kontrak Domenech pada 2010 nanti.
Sebagai pengharapan terakhir bagi semua Zidane lover dan para pendukung timnas sepakbola Prancis adalah Prancis dapat lolos kualifikasi Piala dunia 2010 nanti, karena Piala dunia tanpa Prancis akan terasa hambar. Dan semoga Les blues segera mendapat pemain pengganti era Platini dan era Zidane yang telah berakhir. Viva Les blues! Je aime Zidane et Les France.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar