Rabu, 27 Januari 2010

Naburo, The Next Generation Of Naruto


Pertama kali "Naburo" muncul di depan publik adalah di Toko Buku Gramedia dengan tagline "the next generation of Naruto". Tetapi, dilihat dari kualitas gambar sangat berbeda dengan Naruto, dan harganya pun dua kali lipat dari Naruto, Rp 30.000,00. Rupanya, dari segi isi, cerita hanya diplesetkan saja, selain itu gambarnya juga banyak mencontek dari komik lain seperti Naruto dan Slam Dunk (tentunya dengan kualitas yang lebih rendah). Pengarangnya pun tak berani menggunakan nama asli. Ia hanya menggunakan nama Iruka Ousama di komik ini.


Karena rasa ingin tahu orang luar negeri akan komik plagiat ini, seseorang bernama Black Raven pun mentranslate komik ini ke dalam bahasa Inggris. Dan apa tanggapan warga Indonesia? Rupanya mereka menentang keras komik yang dianggap plagiat ini, bahkan di Facebook telah didirikan grup ANTI-Naburo Group. Berikut cuplikan note dari pembuat grup tersebut, Bayou-kun.

Sebelumnya mohon maaf atas kata2 kasar yang ada dalam note ini. >A< Oke, tadinya gw gamao nge-judge sembarangan karena gwnya sendiri ga liat. Gw denger soal komik Naruto jejadian ini dari Galang, mahasiswa ITB n anak freelance di kantor, juga yg ngarang Hopper [promo neh Lang] XD. Penasaran karena dibilangnya ada di Gramed, jadilah gw cari dan gw liat. Ada sih, dan penasaran isinya gimana, wong covernya aja udah ancur gitu. Tapi karena saya anak jujur dan baik hati, gw ga tega mbuka plastiknya, ujung2nya gw browsing2 tiap rak buat nyari yang udah kebuka, dan: ADA! Cuma vol.2 yg kebuka tapinya. Pas liat isinya, gatau deh gw mau ketawa guling2 ato ngamuk jambak2 rambut ga jelas [ngamuknya gajadi karena ga worth it mbuang barang sehelai rambut pun buat komik busuk ini]. Baca selembar, dua lembar, tiga lembar... udah pengen ngerobek2 tu buku kalo ga nyadar gw ada di toko buku dan pasti langsung disuruh bayar karena ngerusak. [Ga rela juga gantiinnya soalnya mahal najis gitu! 30rebu bo!~] Vol 2 sih masih lebih mending karena paling ngga karakternya ga ada yg hasil trace-an. Entahlah, soalnya saking enegnya gw ga liat semuanya. Nah, yang jadi kasus hinaan gw adalah vol. 1-nya. Si-orang-gatau-diri Iruka Ousama pengarang Naburo itu dengan sembarangannya ngetrace-in adegan2 dari komik2 terkenal sebangsa: Naruto [tentu saja, wong dia katanya terinspirasi dari situ kok], terus Slam Dunk, dan Impeccable Twins. Yang ngaconya, itu karakter di-trace semirip2nya, jadi muka karakter gambarnya si Iruka ini henshin terus alias operasi plastik dalam sedetik. Sebentar2 mukanya Rukawa, terus ganti lagi jadi Mitsui, yang kacrutnya adalah dia sempet2nya henshin jadi mukanya Akagi yg gori itu. *ngakak guling2* Di chapter 3 dan 4, gambarnya henshin lagi dari Slam Dunk jadi Impeccable Twins. Reaksi gw langsung: WTF?! Nah, selain gambar trace-an itu, ada juga tuh gambar originalnya yang sumpah super SUCKZ! I mean, sumpah, gw aja masih malu ngeliat komik 9Lives gw yg kurang mateng itu. Apalagi sama dojin Naruto gw yg dulu, dan lebih malu lagi pas liat komik jaman baheula banget yg pernah dikirim ke lomba Ngomik Yuk-nya Animonster. Butuh waktu lama bagi gw buat belajar terus menerus cara menggambar dan bikin komik yang bagus. Tapi si ** SENSOR ** ini sembarangan aja ngomong kalo dia 'meneruskan' mimpinya Kishimoto dan butuh 2 tahun buat nyari referensi soal ninja. I say, BULLSHIT! Kishimoto belom mati meen! Naruto juga belom tamat, dan elo seenaknya aja bilang mau nerusin mimpinya? Dream on dude!! Saran gw sama si pengarang kacrut ini, sebelom bikin komik sampah kaya gini dan menyamaratakan dirinya dengan mangaka terkenal, belajar gambar dulu sana dan balik 10 tahun lagi kalo gambar lo dah beres. Kalo menurut lo 10 tahun itu kelamaan, mending colok aja tuh mata lo dua2nya sama pensil dan beralesan kalo lo buta jadi ga bisa bikin gambar bagus. Orang yang kaya gini nih yang bikin malu bangsa dan negara. Padahal baru aja komik Indonesia bangun dari mati surinya dan berusaha merayap bangkit meski tiap saat ada aja halangan melintang. Udah image komik itu jelek di mata sebagian besar orang [tua] Indonesia, masih mau diperburuk lagi? Penerbitnya juga sama aja gobloknya. Gatau kualitas produk ya? Ga ngerti taktik dagang? Penerbit kebanyakan duit yg ngerasa sayang kalo bakar2 duitnya jadi malah nerbitin komik sampah kaya gini? Haha, jujur, gw ga pernah menghujat sekeras ini. Gw biasanya ngasih kritikan, mungkin keras tapi ga pedes. At least gw ngritik orang yang gambarnya belom matang tapi keliatan serius bikin art ato komiknya. Bukan sekedar penjiplak kaya gini. So, buat para junior2 yang sedang belajar gambar ato bikin komik, ini salah satu contoh yang ga boleh ditiru sama sekali! Pikir aja secara logika, misalnya komik kalian diterbitin, kalo gambarnya bagus, dihujat orang pun pasti ada yang bela, bilang 'tu orang yg hujat sirik kali'. Kalo gambarnya jelek tapi masih original, dikritik keras pun pasti masih ada yang maklumin, 'ah, kan masih belajar'. Tapi kasus Naburo ini, dihujat orang pasti disukurin, 'rasain, gambar jelek dan tukang jiplak aja berani2 nerbitin komik'. See? Yah, segala sesuatu perlu persiapan yang sangat MATANG, baru bisa dibuat. Gedung aja kalo ga didisain dengan benar pasti rubuh kan? Semoga ini bisa jadi pembelajaran yang baik kedepannya buat generasi muda calon komikus Indo. Okeh? PS. Kalo saya dituntut atas tulisan ini, berarti orang2 yang bersangkutan 5x lebih idiot dari yang saya duga. Udah ga punya kemampuan, ga nyadar diri, ga terima kalo dikritik pula... ampun dah. PS2. Tapi kalo saya emang bakal dituntut kaya Prita, tolong sumbang cebanan sebagai pengganti uang receh… XP Yang lebih menggemparkan lagi adalah adanya perlindungan hak cipta atas komik ini. Selain itu, dari web penerbitnya, Solomon Grup, banyak yang menganggap web tersebut berisi aliran sesat. Hal ini terlihat dari tulisan ketika kita pertama kali masuk web tersebut dan syarat kalau seseorang ingin mendownload e-book dari situs tersebut harus mentransfer uang sejumlah 100 ribu ditambah tahun lahir orang tersebut. Setelah dilihat buku apa saja yang diproduksi penerbit ini, rupanya banyak juga buku ‘aneh’ lainnya. Seperti Naburo, Ben 12, Semalam Bersama Miyabi, Naruto vs Ben 10, Naruto vs Avatar, atau pun Surga Berada di Tangan Yahudi.

Dan dibawah ini adalah teori yang diungkapkan grup ANTI-Naburo tentang bagaimana komik Naburo ini bisa tercipta:



Semoga dengan adanya kasus Naburo dan Ben 12 ini, komikus Indonesia dapat mengembangkan ide kreatif mereka sendiri tanpa harus membuat plesetan dari komik lain yang sudah terlebih dahulu popular.

2 komentar:

  1. Gw kesian sama tuan Masashi Kishimoto, udah cape mikirin komik nya nyampe edisi ke berapa ratus eh di bikin plagiat dengan enteng dan tidak-tahu-malu nya sama si iruka-iruka itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu sendiri beli komik Narutonya unyuk ngedukung komikusnya atau jangan jangan malah cuma baca online?

      Hapus