Minggu, 07 Juni 2009

Bagaimana Menjadi Anak Emas di Kelas

Di kelas kadangkala kita merasa ada siswa yang menjdi anak emas dan anak bawang. Walaupun, sebenarnya kita tahu bahwa seorang guru hendaknya bersikap adil kepada semua siswanya. Namun, kenyataannya siswa bernilai lebih dari yang lain akan menjadi lebih disayang guru atau yang biasa disebut anak emas.
Nah, apakah kalian ingin seperti mereka? Apa sajakah kiat-kiatnya? Berikut ini saya beberkan beberapa tips agar Anda dapat menyusul mereka menjadio anak emas para guru.
1. Aktif
Walaupun dari kalian ada yang otaknya biasa atau di bawah rata-rata, asalkan kalian aktif ketika di dalam kelas, dijamin kalian akan diperhatikan dan dikenal oleh para guru. Jangan takut dan malu dengan teman-teman. Setiap ada kesempatan menunjukkan kemampuan, jangan disia-siakan.
2. Belajar
Tugas pokok dari seorang siswa adalah belajar, jadi belajarlah sebelum pelajaran. Kerjakan semua tugas dan PR agar tak kena semprot para guru. Kalau kalian rajin belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan, dijamin guru bakal mengenang kalian.
3. Jangan Nyontek
Ini yang juga penting, setiap kalian mencontek dan ketahuan guru, nama kalian akan tercoreng. Dan guru pun tidak akan mempercayai kalian lagi, bahkan sampai membenci. Jadi kalau memang sudah kepepet, bolehlah kalian mencontek asal jangan sampai ketahuan guru, hehehe….
4. Perhatikan
Yang ini juga penting, guru paling nggak suka kalau ada murid yang tidak mendengarkan penjelasannya. Bayangkan, kita saja marah kalau kita bicara dan lawan bicara kita tidak mengacuhkan. Kita pasti marah, apalagi guru yang berbicara demi muridnya. Jadi, jangan sampai ngomong dengan teman (walaupun sering dibilang ngomong sendiri – kayak orang gila) saat guru menerangkan. Pasti guru itu jatuh cinta padamu .
5. Tanya
Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di kelas . Maka, sering-seringlah bertanya pada seorang guru. Pasti dengan senang hati mereka akan menjawab. Yang tidak menjawab berarti jahat . Selain bertambah mengerti, kita akan dikenal guru, bertanya juga bagian dari tips aktif tadi.
6. Sopan
So pasti kita harus sopan kepada orang yang lebih tua daripada kita, termasuk guru. Jangan bersikap seenaknya sendiri. Karena bila kita sopan pada guru, guru juga akan mencurahkan perhatiannya pada kita. Dan bila kita bertingkah seenaknya, sudah pasti guru juga akan mencurahkan kebenciannya .
7. Jangan Bolos
Yang terakhir ini jangan dilanggar! Kalau kita sering bolos sekolah guru pun akan mengigat kita siswa yang buruk. Tetapi, sebaliknya, kalau kita rajin masuk kelas, guru akan mengingat kita siswa yang baik. Di sini juga masuk jangan suka ngeblong. Sudah barang tentu kalau kita sering ngeblong, kita tidak akan dapat nilai yang baik, kita bisa ketinggalan pelajaran, dan yang lebih parah apabila kita sudah tertangkap basah. Bahaya!
Sebenarnya, tujuh tips di atas hanyalah sedikit yang bisa saya beberkan di sini. Masih banyak tips-tips lain yang bisa Anda gali dan cari sendiri dalam diri Anda. Good luck, selamat datang di dunia anak emas!

-ZRN-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar