Selasa, 01 Januari 2013

Pipa dan Tanah Kosong di Doraemon Ternyata...

Karena kesalahan teknis, maka saya merepost beberapa artikel yang sempat hilang.

Anda mungkin sering menyaksikan Nobita dan teman-temannya bermain di tanah kosong yang mempunyai pipa 'abadi' di tengahnya.

Tapi, tahukah Anda rahasia dibalik hal ini? Berikut tulisan dari sang pengarang, Fujiko F. Fujio.


Deretan rumah, tanah kosong, dan hubungan antar-manusia yang ada di komik Doraemon merupakan gambaran pengalaman masa kecil saya. Ada juga anak kecil yang saya gambar seperti saya waktu kecil.

Di dalam komik Doraemon sering muncul pipa yang ada di tanah kosong. Sebenarnya, saya sendiri tidak pernah bermain di situ, tapi kenapa saya merasakan perasaan nyaman dan rindu yang khas saat menggambarnya, ya?

Mungkin hal itu disebabkan karena saat membaca Doraemon, pembaca jadi merasakan sesuatu. Sesuatu itu bisa apa saja, bergantung kepada pembaca itu sendiri. Cerita Doraemon seperti menyatu dengan pengalaman masa kecil para pembaca.

Walaupun begitu, tanah kosong ini merupakan tempat umum yang telah dilewati dua generasi, yaitu sejak Fujiko F Fujio Sensei kecil sampai sekarang. Tanah kosong ini juga tidak salah jika dikatakan sebagai pemandangan yang umum bagi orang Jepang, bukan?

Namun, jika dipikirkan kembali, pipa dan bahan-bahan bangunan lain yang menumpuk di pojok tanah kosong itu mungkin tidaklah abadi. Adanya hal tersebut menunjukkan sisi negatif ketika pembangunan sedang berlangsung di dalam kota.

Umumnya, ada masyarakat yang ribut mengenai proses pembangunan. Tetapi, dengan adanya batas waktu pembangunan, saat pembangunan selesai muncullah sebuah ruang dan waktu yang kosong. Karena itu terkadang kita merasakan ada yang kurang dan mengatakan, "Saya ingin membiarkannya seperti itu terus!"


Sumber: Kumpulan Cerita Berwarna Doraemon Volume 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar