Sabtu, 28 November 2009

Pain, Lambang Kebencian dan Penderitaan


Tentang Pain

Nagato, atau yang lebih dikenal sebagai Pain adalah tokoh antagonis utama dalam serial Naruto. Mendirikan Akatsuki bersama Madara Uchiha, kemudian menggunakan Amegakure sebagai basis operasi. Mengumpulkan semua jinchuriki dan membuat perdamaian di dunia shinobi merupakan tujuan organisasi ini.

Setelah kedua orangtuanya dibunuh dan sahabat terbaiknya, Yahiko, juga dibunuh, Nagato mengalami trauma hebat. Sejaka saat itu, Nagato yang kini dikenal sebagai Pain menganggap bahwa perdamaian akan tercipta setelah seluruh manusia mengalami penderitaan.


Untuk mewujudkan pemikirannya tersebut, ia mengumpulkan semua jinchuriki yang tersebar di seluruh dunia shinobi. Langkah ini didukung dengan terciptanya organisasi Akatsuki yang beranggotakan 10 orang (setelah Orochimaru keluar dari organisasi ini). Organisasi bertanda awan merah ini dengan mulus berhasil menangkap jinchuriki hingga nanabi (ekor tujuh). Yang pada akhirnya, Pain memiliki enam ‘kloning’ dan menamakan dirinya sebagai Pain Raikudo – Raikudo berarti enam jalan yang merujuk pada nama sennin yang memiliki sembilan jinchuriki dan disebut juubi (ekor 10).

Hubungan dengan Dunia Nyata

Walaupun tokoh antagonis utama dalam serial Naruto Shippuden, namun sebenarnya tujuan utama dari Pain adalah untuk kebaikan. Meskipun begitu, pemikiran dan jalan yang ditempuh salah. Dan itu juga terjadi dalam kehidupan nyata.

Kadang, penderitaan dapat menyebabkan manusia menjadi tak bisa memahami arti hidup yang sebenarnya. Banyak orang miskin yang menjadi criminal karena tekanan batin yang mereka terima akibat penderitaan hidup yang dialaminya. Mereka menjadi tak bisa mengerti semua yang ada di hidupnya.

Dengan melihat kisah Pain ini, kita harusnya bisa lebih memperhatikan mereka yang mengalami penderitaan. Agar tak salah dalam menentukan pilihan menuju akhir yang bahagia.

Kamis, 26-11-2009, 6.46 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar