Selasa, 01 Januari 2013

7 Fakta Unik Planet-Planet di Tata Surya

Ternyata tata surya kita memiliki banyak keunikan lho! Setiap planet memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri. Saya mencoba merangkumnya dalam 7 fakta unik planet-planet di tata surya kita. Apa saja keunikan tersebut? Mari kita simak.





  • Planet terbesar: Jupiter
Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Ia memiliki diameter 142.983 km dengan massa 317  kali bumi. Kalau Jupiter kosong, lebih dari seribu bumi bisa masuk ke dalamnya. Biarpun besar, Jupiter tetap gesit. Rotasinya hanya membutuhkan waktu 9 jam 55 menit.
  • Planet tercepat: Merkurius
Lama sekali orbit Merkurius adalah 87,969 hari. Hal ini selain karena jaraknya dengan Matahari adalah yang terpendek yaitu 57 juta km tetapi juga karena kecepatannya mengelilingi Matahari adalah 172 km/ jam. Karena kecepatannya yang luar biasa, ia juga dijuluki speed racer.
  • Planet terbandel: Venus
Kalau planet lain berotasi mengelilingi Matahari adalah berlawanan arah jarum jam, maka arah putaran rotasi Venus berkebalikan dengan planet lain yaitu searah jarum jam.
  • Planet dengan satelit terbanyak: Saturnus
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Saturnus memiliki 59 satelit alami, 48 di antaranya memiliki nama.
  • Planet termirip: Venus dan Bumi
Kedua planet ini sering disebut planet kembar karena ukurannya hampir sama dan jarak keduanya punpaling dekat. Venus memiliki diameter 12.107 km sedangkan Bumi berdiameter 12.755 km. Jarak keduanya hanya 43 juta km.
  • Planet terunik: Saturnus
Saturnus dapat mengapung di air. Hal ini disebabkan karena sebagian besar isinya gas helium, sama dengan gas yang digunakan untuk mengisi balon.
  • Planet tereliminasi: Pluto
Dulu pluto termasuk dalam kategori planet. namun karena orbitnya menyenggol orbit Neptunus, ia pun tereliminasi sebagai planet karena salah satu syarat planet adalah orbitnya tidak boleh menyenggol orbit planet lain. Kini pluto hanya menjadi planet kerdil.

Sumber: Bobo Seri Antariksa, dengan banyak perubahan.

2 komentar: