Senin, 03 Agustus 2009

SMAdaBo Persiapkan RSBI Lewat Akreditasi

Tahun depan, SMA Negeri 2 Bojonegoro mendapat title RSBI atau Rintisan Sekolah Berstandar Internasonal. Hari-hari belakangan, SMAdaBo tengah mempersiapkannya. Beruntung, langkah tersebut terbantu dengan nilai A dalam akreditasi sekolah yang dilaksanakan 30 Juli 2009 lalu.

Tapi apa sih sebenarnya akreditasi sekolah itu?
“Akreditasi itu penilaian tentang kinerja sekolah di dalam pencapaian misi visinya atau penilaian sekolah yang dinilai dari standard nasional pendidikan,” jelas Drs. Parmin, M. Pd, bagian kurikulum di SMA 2 Bojonegoro. Sedangkan tujuannya sendiri adalah untuk mengangkat nilai sekolah, agar di mata masyarakat sekolah tersebut mempunyai nilai lebih.

Akreditasi yang berlangsung sejak pukul setengah delapan pagi hingga setengah enam sore tersebut berbuah manis. SMA 2 Bojonegoro mendapat nilai A atau baik. Penilaian tersebut mencakup delapan kelompok seperti standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar pendidikan, ataupun standar pengelolaan. Poin maksimal yang bisa didapatkan adalah 150 poin. Dan SMAdaBo mendapat lebih dari 90 poin (nilai A), namun untuk jumlah yang pasti masih akan diumumkan satu bulan mendatang.. Nilai A ini sekaligus membuat SMAdaBo layak menjadi sekolah RSBI tahun depan. Penilainya datang langsung dari tigkat pusat (diknas).

Selain mempunyai pengaruh bagi sekolah, akreditasi ini juga berpengaruh terhadap para siswa sekolah yang terletak di Jl. HOS Cokroaminoto ini. “Pengaruh akreditasi ini terhadap siswa sangat besar contohnya SKM yang menjadi 75 dapat membuat siswa bertambah semangat belajar,” ujar M. Muchsin, guru PAI SMA 2 Bojonegoro yang mendapat bagian standar kompetensi kelulusan.

Lalu apa kiat-kiat sekolah terluas di Bojonegoro ini agar bisa mencapai nilai A? Salah satunya adalah administrasi yang bagus dan terprogram, adanya program kerja serta visi, misi, dan tujuan sekolah. Selain itu, kinerja dari para siswa, karyawan, dan guru yang solid semakin mengukuhkan bahwa SMAda layak mendapat nilai A.

Semangat terus untuk para guru, karyawan dan siswa-siswi SMA Negeri 2 Bojonegoro agar sekolah kita tercinta ini bisa semakin maju lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar